Juni 24, 2024

Kebumen – Anging puting beliung terjang sejumlah desa di Kecamatan Alian, Kabupaten Kebumen. Akibatnya banyak rumah tertimpa pohon tumbang pada peristiwa yang terjadi pada hari Selasa 7 Februari 2023 sore.

Meski tidak ada korban jiwa, namun warga mengalami kerugian materiil setelah rumahnya mengalami kerusakan akibat tertimpa pohon.

Kapolres Kebumen AKBP Burhanuddin melalui Kasubsi Penmas Aiptu S Catur Nugraha mengungkapkan, puting beliung yang terjadi sekitar pukul 15.00 WIB, merusak tiga rumah warga.

“Ada beberapa rumah yang dilaporkan rusak karena tertimpa pohon saat puting beliung. Informasi dari Kapolsek Alian, di Desa Karangtanjung ada dua rumah, dan Desa Karangkembang ada satu rumah,” jelas Aiptu Catur.

Korban pertama di Desa Karangtanjung yakni Nasrudin (55) warga RT02/RW01. Atap rumahnya jebol karena tertimpa pohon albasia sehingga ia ditaksir mengalami kerugian material kurang lebih 5 juta Rupiah.

Selanjutnya dalam waktu yang bersamaan, Watini (80) warga RT01/RW01 rumah atapanya jebol serta nyaris ambruk setelah tertimpa pohon walikonang dengan ukuran lumayan besar saat angin puting beliung terjadi. Watini diperkirakan mengalami kerugian material kurang 10 juta Rupiah karena parahnya kerusakan.

Geser ke Desa Karangkembang, korban ketiga, Warokhmat Kuat (46) atap teras rumah yang terbuat dari asbes rusak dan terbang terbawa angin puting beliung. Ia diperkirakan mengalami kerugian kurang lebih 30 juta karena peristiwa tersebut.

Menurut penuturan sejumlah saksi di lapangan, puting beliung berlangsung kurang lebih 3 menitan. Saat terjadi puting beliung, cuaca hujan sangat lebat. Sejumlah warga yang saat itu berada di jalan memilih untuk menepi ke teras rumah warga untuk menghindari pohon tumbang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *