Juni 24, 2024

Kebumen – Apel Satuan Keamanan Lingkungan (Satkamling) digelar Polres Kebumen. Apel diikuti oleh warga masyarakat Kebumen melalui perwakilan tiap-tiap kecamatan dan digelar di lapangan tenis indoor Polres Kebumen, Selasa 14 Maret 2023.

Kapolres kebumen AKBP Burhanuddin melalui amanat yang dibacakan oleh Kaurbinopsnal Sat Binmas Iptu Joyo Suharto mengatakan, Apel Satkamling untuk memantapkan sistem keamanan dan ketertiban masyarakat secara swakarsa.

“Apel ini juga bertujuan untuk melihat kesiapsiagaan kita dalam upaya meningkatkan pam swakarsa, guna menjamin keamanan yang kondusif,” jelas Iptu Joyo.

Lanjut Iptu Joyo, apel ini juga sekaligus sebagai evaluasi sejauh mana keberhasilan dan sistem mana yang perlu diperbaiki untuk mewujudkan keamanan mandiri. Karena, menurut Kapolres, keberhasilan dalam menciptakan situasi kondusif tidak terlepas dari besarnya partisipasi seluruh masyarakat baik yang berupa kelompok Satkamling ataupun kelompok potensi masyarakat lainnya.

Selain itu melalui amanat itu pula, Kapolres memerintahkan kepada seluruh Bhabinkamtibmas yang melekat di desa-desa agar bisa menjadi motor penggerak aktivitas komponen masyarakat dalam menciptakan keamanan desa.

Di tengah keterbatasan personel, maka peran masyarakat juga sangat vital sekali dalam mewujudkan hal itu.

Lanjut Iptu Joyo, sinergitas antara masyarakat dan personel Bhabinkamtibmas harus terus ditingkatkan dengan melakukan kegiatan pam swakarsa.

“Kegiatan Sat Kamling yang telah dilakukan masyarakat, berdasarkan evaluasi kami sangat menunjukkan perkembangan yang sangat positif dalam menciptakan keamanan. Jadi kita harus selalu bersinergi dalam mewujudkan hal tersebut termasuk Bhabinkamtibmas,” tandasnya.

Jauh sebelum Sat Kamling dilaksanakan, Sat Binmas Polres Kebumen telah menggelar lomba Satkamling tingkat Polres Kebumen.

Lomba Sat Kamling dilakukan untuk meningkatkan ketrampilan warga masyarakat saat melaksanakan ronda malam di tiap-tiap desa sebagai upaya pencegahan gangguan kamtibmas.

Ada beberapa kriteria penilaian dalam lomba itu. Namun yang paling penting adalah bagaimana masyarakat faham tugas dan tanggung jawabnya saat melaksanakan ronda malam jika ditemui gangguan kamtibmas serta pencegahannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *