April 18, 2024

Purbalingga – Personel Polsek Karangmoncol membantu proses pembersihan material longsor di Desa Sirau, Kecamatan Karangmoncol, Kabupaten Purbalingga, Selasa (21/2/2023). Kegiatan dilaksanakan bersama dengan personel dari TNI, BPBD, Polhut, Pemdes Sirau dan masyarakat.

Kapolsek Karangmoncol Iptu Amirudin mengatakan bahwa setelah kemarin terjadi tanah longsor di Desa Sirau, hari ini dilaksanakan pembersihan material longsor. Kegiatannya membuka akses jalan penghubung dua desa yang tertutup tanah longsor.

“Setelah dilakukan pembersihan, akses jalan penghubung Desa Sirau dan Desa Kramat yang sempat tertutup kembali bisa dilalui kendaraan roda dua maupun roda empat,” jelasnya.

Dijelaskan bahwa selain membuka akses jalan, dalam kerja bakti dilakukan juga pembersihan material longsor yang menimpa dua rumah warga. Dua rumah tersebut berada di Dusun Karanggintung Desa Sirau.

“Rumah warga terdampak longsor juga sudah dilakukan pembersihan. Sementara penghuninya masih tinggal di rumah saudaranya yang lebih aman sambil menunggu perbaikan,” ungkapnya.

Kapolsek menambahkan dalam kegiatan diberikan juga bantuan dari PMI Purbalingga untuk dua warga yang rumahnya rusak akibat tanah longsor. Bantuan diserahkan oleh Camat Karangmoncol.

Diberitakan sebelumnya tanah longsor terjadi di tiga titik wilayah Desa Sirau, Kecamatan Karangmoncol, Kabupaten Purbalingga, Senin (20/2/2023) sore. Penyebabnya akibat hujan deras yang mengguyur wilayah tersebut dari siang hingga sore hari.

Tidak ada korban jiwa akibat tanah longsor tersebut. Namun longsoran tanah dari tebing menimpa dua rumah warga hingga menimbulkan kerusakan. Selain itu, longsor juga menutup akses jalan penghubung dua desa yaitu Desa Kramat dan Desa Sirau.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *