April 12, 2024

Bekasi: 09 /14 Februari 2023 – PT Fajar Surya Wisesa Tbk (FajarPaper), produsen kertas kemasan terkemuka yang merupakan anggota dari SCGP di Indonesia, menerima apresiasi pada kunjungan Komisi II DPRD Provinsi Jawa Barat, H. Moch Ichsan, M., S.T. dan Hj. Yuningsih. Kunjungan tersebut juga dihadiri oleh utusan Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Jawa Barat, Dede Solehudin dan juga Dinas Koperasi dan UMKM Kab. Bekasi Sayhwono Adji. Kehadiran tersebut merupakan bentuk perhatian legislatif dan eksekutif terhadap perkembangan koperasi di Kabupaten Bekasi.

Koperasi Karyawan Surya Abadi (KKSA) adalah koperasi karyawan yang bernaung dan berkolaborasi dengan manajemen FajarPaper dan Serikat Pekerja PUK SP KEP SPSI PT. Fajar Surya Wisesa Tbk. berdiri dari tahun 1993 dengan akta pendirian 10595/BH/KWK.10/8 pada tanggal 06 Februari 1993. Dengan motto “Dari Kita, Oleh Kita, Untuk Kesejahteraan Anggota” KKSA senantiasa memperjuangkan ekonomi akar rumput, baik untuk karyawan perusahaan, masyarakat sekitar dan juga sebagai pelaku koperasi dan UMKM Kab. Bekasi. Manajemen FajarPaper turut mendukung apa yang menjadi tujuan baik dan positif dari usaha untuk kemajuan KKSA agar semakin berkembang dan bermanfaat.

Di tahun 2022 KKSA mendapatkan beberapa penghargaan seperti Piagam dari Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) karena KKSA adalah koperasi yang dapat menyinergikan UMKM dengan Sektor Industri (13/4) & Penghargaan Koperasi Karyawan Terbaik dalam acara Koperasi Awards Kab. Bekasi (15/11). Tercatat dari data laporan per 31 Desember 2022, aset neraca KKSA meningkat lebih dari 19% menjadi 62 Miliar, KKSA berharap dapat semakin berkembang dan lebih baik lagi di masa depan dengan dukungan seluruh karyawan FajarPaper, masyarakat sekitar dan dukungan dari pemerintah.

H. Moch Ichsan, M., S.T, selaku Anggota Komisi II DPRD Provinsi Jawa Barat mengatakan, “Saya mengapresiasi dengan keikutsertaan anggota koperasi yang lebih dari 70% dan hal tersebut menjadi satu jembatan dimana juga yang saya ketahui banyaknya CSR yang telah dilakukan oleh FajarPaper tentunya tidak hanya di bagian infrastruktur melainkan dalam hal bantuan sosial yang sangat dibutuhkan masyarakat sekitar. Semoga kedepannya anggota KKSA dapat dimaksimalkan dan semakin bertambah mengingat karyawan bekerja di lingkungan perusahaan juga.”

“Kami juga bukan hanya mengawasi, namun kami ingin mengetahui dan mengenal lebih jauh seperti apa KKSA yaitu Koperasi Karyawan dari FajarPaper, dimana sudah sering kali kami mendengar bahwa KKSA selalu menjadi koperasi andalan dengan manajemen yang baik sehingga KKSA dapat menjadi contoh untuk koperasi lainnya. Banyak yang menganggap bahwa pinjaman lebih baik dilakukan dengan pihak luar koperasi atau bank yang tidak bertanggung jawab, dimana banyak pinjaman tanpa agunan dan cepat cair. Dengan percontohan KKSA kita dapat melihat bahwa lebih aman dan transparan jika melalui koperasi.” tambah Hj. Yuningsih juga selaku Anggota Komisi II DPRD Provinsi Jawa Barat.

Dede Solehudin, selaku Perwakilan Kantor Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Jawa Barat, mengatakan “Di setiap lokasi pemerintahan selalu ada bagian pengawasan koperasi, dimana prinsipnya adalah dari dan untuk anggota dengan tujuan mensejahterakan anggotanya. Satu instrumen yang dapat menyatakan bahwa koperasi tersebut sehat adalah diadakannya secara rutin pemeriksaan kesehatan, dan saya bangga bahwa FajarPaper rutin melaksanakan dan(Mardani Lubis)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *