September 21, 2024

Jakarta.Seputar Indonesia – Dengan berlari lari kecil dan berjalan setapak pengunjung mengelilingi waduk brigif, tampaknya sudah menjadikan lokasi itu sebagai objek wisata olah raga keluarga.

Waduk brigif sudah dibenahi oleh masa gubernur Anies Baswedan dan dilanjutkan oleh Pj Gubernur Heru Budi Hartono dengan menanam pohon pohon pelindung sekeliling waduk.

Waduk Brigif yang selama ini tampaknya sebagian besar warga Kota Jakarta belum mengetahuinya. Jika kita lewat tol menuju Depok dari atas menoleh ke bawah waduh indahnya WADUK BRIGIF seinginnya kita lompat dari tol saking indah dan sejuk pemandangannya.

Waduk brigif dengan panjang sekitar 2,5 km untuk jalan setapak dan lokasi waduk seluas 10,3 hektar untuk olah raga. Waduk brigif berada di wilayah Rukun Warga (RW) kelurahan Cipedak kecamatan Jagakarsa kota administrasi Jakarta Selatan provinsi DKI Jakarta.

Sejak tahun 2022, waduk brigif dibenahi oleh Pemda DKI Jakarta melalui program Dinas Sumber Daya Air untuk pengendalian banjir drainase dengan membangun fasilitas pelengkap waduk brigif Pondok Rangun Lebak Bulus.

Bangunan folder kolam retensi, kegiatan dilaksanakan oleh sebuah kontraktor. membangun folder dan fasilitas lengkap pagar BRC pagar Panel saringan simpul pintu air.

Waduk brigif diramaikan oleh warga berwisata dan berolahraga setiap harinya. Untuk menuju lokasi, objek wisata olah raga keluarga ke Waduk Brigif, ada Jaklingko jurusan Aselih Stasiun Pancasila

Jaklingko 64 tujuan Pancasila Aselih melewati Waduk BRIGIF setiap saat. Dan dari Pasar Minggu pengunjung naik Jaklingko 47 tujuan Ciganjur berbatas kota Depok.

Waduk brigif saat ini masih penyelesaian untuk serah terima dari kontraktor kepada Dinas SDA Pemda DKI.Jakarta, kata ketua RW 01 saat dikunjungi oleh karyawan pemda DKI Jakarta.

Waduk brigif yang ada di wilayah administratif Kelurahan Cipedak, berada di tujuh wilayah rukun tetangga ( RT) yaitu RT 02,03, 05, 09,10,11, dan 16 berada di bawah koordinator RW 01 kelurahan Cipedak Jakarta Selatan.

Emak emak

Waduk brigif sedalam 7 meter dengan panjang 2,5 km sangat ramai dikunjungi oleh emak emak, pelajar, olahragawan dan wisatawan dari luar kota Jakarta.

Pengunjung datang ke waduk brigif datang dari, bekasi, bogor Jabar, dan Ciputat, Tangsel Banten, bahkan pada hari libur, sabtu dan minggu ramai setiap hari.

” Membludak pengunjung ke waduk brigif, tampaknya masih belum tertata administrasi dan manajemen nya secara baik, ” kata ketua RW setempat.

Oleh karena itu, jika waduk brigif dikelola dengan sistem administrasi dan manajemen terpadu oleh pengelola, akan menjadi tujuan wisata bergensi bisa dijual ke manca negara sebagai tujuan objek wisata olahraga keluarga, bertaraf nasional, kata Risto, mantan pejabat saat survei ke lokasi dengan tokoh masyarakat, Pak Mahmud, Senen (12/8).

Ketua RW 01 Kelurahan Cipedak Kecamatan Jagakarsa, mengharap kan Waduk Brigif bisa dikelola secara terpadu. Pendapatan dari pengunjung waduk brigif bisa untuk menunjang operasional RT/RW dengan didukung oleh program dan promosi dinas Pariwisata dan Dinas Olah raga dan Pemuda Pemda DKI Jakarta.

Pengunjung yang akan datang ke objek wisata ber olahraga dengan keluarga transpor pulang pergi lancar dilewati Jaklingko No 64 dari Stasiun Pancasila dan 47 dari Pasar Minggu.

Pasar Timbul

Jika pengunjung dari Pasar Minggu naik Jaklingko No 47 tujuan Pasar Minggu – Ciganjur turun di depan Pasar timbul. Pengunjung yang akan ke Waduk Brigif berjarak sekitar 500 meter berjalan setapak.

Pengunjung yang akan berkunjung ke Waduk Brigif bisa mampir di pasar timbul untuk berbelanja makanan dan membeli persiapan ke waduk. Ada lontong Padang, Pecel Lele, cemilan dan buah buahan yang siap untuk dijinjing ke waduk brigif, kata Risman ketika di lokasi dengan wartawan Jakarta. Rt

Red”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *