September 8, 2024

PALU, Pelaksanaan Operasi Patuh Tinombala-2024 ditandai Polda Sulawesi Tengah (Sulteng) dengan pelaksanaan Apel Gelar Pasukan di Halaman Apel Polda Sulteng, Senin (15/7/2024).

Operasi patuh tahun 2024 mengangkat tema “Tertib Berlalu Lintas demi terwujudnya Indonesia Emas” akan berlangsung selama 14 hari terhitung mulai 15 Juli hingga 28 Juli 2024.

Kapolda Sulteng Irjen Pol. Dr. Agus Nugroho, SIK, SH, MH selaku pimpinan apel dalam amanatnya mengatakan, Keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas (kamseltibcarlantas) di jalan raya, merupakan suatu hal yang mutlak dirasakan masyarakat selaku pengguna jalan raya.

Namun, pada kenyataannya berbagai permasalahan pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas sering kali terjadi disebabkan oleh kelalaian masyarakat itu sendiri, ujar Kapolda Sulteng.

“Pelanggaran dan kecelakaan terjadi salah satunya dikarenakan oleh rendahnya tingkat kepatuhan dan kesadaran masyarakat terhadap hukum dan peraturan perundang-undangan yang terkait lalu lintas” jelas Irjen Pol. Agus Nugroho.

Oleh karenanya kata Kapolda, diperlukan langkah-langkah strategis untuk mengatasinya. Guna menjawab tantangan tugas tersebut, Polri dalam hal ini polisi lalu lintas (polantas) terus melakukan upaya peningkatan kualitas pelayanan.

“Dengan memodernisasi sistem teknologi informasi secara berkelanjutan dan terus mendorong inovasi pelayanan publik yang bertujuan untuk dapat meningkatkan kualitas keselamatan dan menurunkan tingkat fatalitas korban kecelakaan, serta terbangunnya budaya tertib berlalu lintas.

Operasi “Patuh Tinombala tahun 2024” ungkap Kapolda Sulteng bertujuan untuk :
1. Meningkatkan kedisiplinan masyarakat dalam berlalu lintas di jalan raya,
2. Meminimalisir terjadinya pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas,
3. Menurunkan tingkat fatalitas korban kecelakaan lalu lintas,
4. Meningkatkan kepercayaan masyarakat kepada institusi polri dan terbentuknya opini serta citra positif tertib berlalu lintas, dalam mewujudkan situasi kamseltibcarlantas di wilayah polda sulawesi tengah.

Lanjut Kapolda Sulteng juga menerangkan, Operasi patuh akan dilaksanakan selama 14 hari terhitung mulai 15 Juli s.d 28 Juli 2024 dengan mengedepankan kegiatan edukatif dan persuasif serta humanis, didukung penegakan hukum lalu lintas secara elektronik (statis dan mobile) guna meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas, pungkasnya.

Hadir dalam pelaksanaan Apel Gelar Pasukan Operasi Patuh, Wakapolda Brigjen Pol. Soeseno Noerhandoko, Kasrem 132 Tadulako, Dandenpom TNI XIII/2 Palu, Kadisperhubungan Provinsi Sulteng, Pejabat utama Polda Sulteng.

Rd”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *