Juni 24, 2024

Polsek Bobotsari merepon cepat informasi adanya laporan tentang tunawicara yang hilang di Desa Dagan, Kecamatan Bobotsari, Kabupaten PurbaIingga. Hasil pelacakan yang dilakukan polisi, tunawicara tersebut ditemukan di wilayah Kabupaten Banyumas, Senin (27/5/2024).

Kapolsek Bobotsari AKP Sarno Ujianto mengatakan pihaknya menerima laporan adanya seorang perempuan dilaporkan hilang. Warga tersebut merupakan tunawicara berinisial TA (17) Asal dari Desa Dagan, Kecamatan Bobotsari, Kabupaten Purbalingga.

“Warga tersebut dilaporkan pergi meninggalkan rumah pada Minggu (26/5/2024) diduga bersama seorang laki-laki yang juga tunawicara,” ucapnya.

Menurut kapolsek, mendapati laporan tersebut pihaknya kemudian melakukan penyelidikan. Diantaranya melakukan koordinasi dan pelacakan mulai dari terminal bus. Selain itu, menyebar informasi melalui jajaran kepolisian.

“Hasilnya kami berhasil mendapatkan informasi keberadaan tunawicara yang dilaporkan hilang. Warga tersebut ditemukan di wilayah Kecamatan Kemranjen, Kabupaten Banyumas,” jelasnya.

Saat ditemukan warga tersebut bersama seorang laki-laki yang juga tunawicara. Kemudian keduanya dibawa ke Polsek Kemranjen Polresta Banyumas sambil menunggu penjemputan oleh pihak keluarga.

“Kami kemudian mendampingi pihak keluarga dan perangkat desa membantu menjemput warga tersebut. Selanjutnya dibawa pulang ke rumahnya,” ungkap kapolsek.

Dari keterangan yang diperoleh, laki-laki yang diduga membawa pergi adalah IS (18) warga Desa Nguter, Kecamatan Pengkol, Kabupaten Sukoharjo. Keduanya saling mengenal saat mengikuti pelatihan bersama di SLB Kutoarjo, Kabupaten Purworejo.

Kapolsek menambahkan hasil pemeriksaan tidak ditemukan adanya unsur pidana. Keduanya mengaku pergi untuk jalan-jalan namun karena kondisinya, menyebabkan keduanya tersesat dan tidak bisa pulang.

“Untuk tunawicara warga Desa Dagan sudah dikembalikan ke orang tuanya. Sedangkan yang laki-laki sudah dikoordinasikan dengan dinas sosial selanjutnya akan dipulangkan ke Sukoharjo,” pungkasnya.

Red”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *