Juni 24, 2024

Jakarta,- Suku Dinas Kominfo, Pemerintah kota administrasi Jakarta utara, merangkul para awak media sebagai mitra yang tergabung di Asosiasi Wartawan Demokrasi Indonesia (AWDI)

Dalam sambutan walikota, kota adm Jakarta Utara mengharapkan para awak media yang ada di wilayahnya menjadi mitra yang dapat mendukung program pemerintah dalam berbagai bidang pembangunan.

Sambutan walikota dibacakan oleh Pjbt Kominfo pada acara pengukuhan dan pelantikan pengurus Dewan Pimpinan Cabang Asosiasi Wartawan Demokrasi Indonesia (DPC AWDI) Jakarta Utara di gedung Balai Yos Sudarso, Jumat petang (14/4).

Walikota mengimbau di jajarannya, jangan menjauhi wartawan, kita harus rangkul dan jadikan mitra yang bisa berkolaborasi untuk mendu kung kegiatan kepemerin tahan, yang dilaksanakan di Jakarta Utara agar masyarakat mengetahuinya.

Pengukuhan pengurus DPC AWDI Jakarta Utara 2023-2026, bertemakan membangun kemitraan strategi dalam informasi yang berkeadilan untuk masyarakat Jakarta Utara.

Selanjutnya, Walikota sangat mengapresiasi yang tinggi dan akan memperjuangkan hak jurnalis untuk meningkatkan kualitasnya agar AWDI menjadi tolok ukur oleh banyak media

Selain UU No 40 tahun 1999 tentang Pokok Pers dan Kode Etik Jurnalistik, ada Undang Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik sebagian besar belum diketahui oleh pemangku eselon dan pembantunya.

UU Keterbukaan Informasi Publik yang hampir 15 tahun banyak yang tidak mengetahui sebab pasal 1 (1) berbunyi Hak setiap orang untuk memperoleh informasi, (2) Kewajiban Badan Publik menyediakan dan melayani permintaan informasi secara cepat, tepat waktu dan biaya ringan (3) Kewajiban Badan Publik untuk membenahi sistem dokumentasi dan pelayanan informasi.

Sebab menurut psl 2 (1) berbunyi setiap informasi publik bersifat terbuka dapat diakses oleh setiap pengguna informasi publik.

Pelantikan pengurus DPD AWDI Jakarta Utara oleh Hardi Sahad Ginting, Ketua DPW AWDI provinsi DKI Jakarta disaksikan oleh Sekjend DPP AWDI, H Risman Nuryadin SH, sekaligus menyerahkan bendera kepada ketua terpilih Yan Zainudin.

Pengurus AWDI yang dikukuh kan Masa bakti 2023-2022 antara lain Penasehat Priono SE, Pembina Ibu Fransiska Fonda Endy, Bapak Welly, dan Ibu Risa serta lainnya yang disaksikan berbagai undangan tampak hadir dari perkumpulan Pemuda Panca Marga ( PPM) Jakarta Utara, dipimpin ketua Dendi Agung Dewo.

Seusai pelantikan pengurus DPC AWDI Jakarta Utara diselenggarakan Panel diskusi tentang Jurnalistik dan Komunikasi dengan Nara sumber dari DPP AWDI diwakili oleh H Rusman Nuryadin. SH.

Dari DEWAN PERS NUSANTARA (DPN) diwakili oleh Drs Risman Thomas, MM yang dimediator oleh Priono SE, Penasehat DPD AWDI Jakarta Utara. Acara berakhir diiringi adzan magrib dan berbuka bersama. (Irwan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *