April 24, 2024

BABELAN – Pemerintah Kabupaten Bekasi memberikan perhatian penuh kepada masyarakat yang terdampak banjir di Kabupaten Bekasi akibat tingginya intensitas hujan beberapa hari ini, dengan menyiapkan tempat pengungsian, dapur umum dan pos kesehatan.

Hal tersebut disampaikan Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan saat meninjau lokasi banjir di Desa Bunibakti dan Desa Kedungjaya Kecamatan Babelan, pada Sabtu (25/02/2023).

Dalam kunjungannya, Pj Bupati Bekasi didampingi Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Bekasi, Muchlis, Kepala Dinas Sosial, Endin Samsudin dan Camat Babelan, Rudi Khoirudin.

“Ya, untuk penanganan di lokasi banjir, kita siapkan posko-posko pengungsian dan dapur umum serta pos kesehatan. Jadi selain untuk memenuhi kebutuhan para pengungsi, masyarakat yang terkena penyakit, gatal-gatal, diare dan sebagainya akibat genangan air seperti ini, ada pos yang memberikan pengobatan secara gratis,” kata Dani Ramdan.

Terkait banjir di Desa Bunibakti dan Desa Kedungjaya Babelan, Dani Ramdan mengatakan, penanganannya harus secara menyeluruh, karena dua desa itu topografi-nya, seperti dasar mangkuk, sehingga air mengendap di wilayah tersebut.

“Jadi penanganannya harus skala besar, baik normalisasi sungai maupun penataan drainase di pemukiman,” ujarnya.

Melihat intensitas hujan yang masih tinggi di wilayah Kabupaten Bekasi, Dani Ramdan mengimbau kepada masyarakat yang berada di daerah rawan banjir, agar siaga ketika hujan turun lebih dari satu jam.

“Barang-barang berharga harus segera diamankan, untuk bayi dan kaum difable didahulukan untuk diungsikan agar lebih mudah dievakuasi, dan aliran listrik dijaga supaya tidak terkena air,” terangnya.

Camat Babelan Rudi Khoirudin mengatakan, warga yang terdampak banjir di Kecamatan Babelan hampir di seluruh desa dan kelurahan dengan jumlah sekitar 3000 kepala keluarga.

“Tapi wilayah yang jadi langganan banjir di Babelan itu ada di tiga desa, yaitu Desa Bunibakti, Babelan Kota dan Kedungjaya,” ucapnya.

Rudi mengatakan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan dinas terkait seperti Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Dinas Sosial untuk melakukan penanganan dan mendistribusikan bantuan.

“Alhamdulillah kemarin sudah kita salurkan bantuan untuk warga terdampak banjir berupa sembako, beras, sarden, mie instaninstan dan minyak goreng,” ujarnya.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *