Juni 24, 2024

Kebumen – Telah terjadi kebakaran rumah di Desa Giyanti, Kecamatan Rowokele Kebumen. Rumah milik Limin (67) ludes terbakar saat ditinggal keluar mencari pakan kambing, sekitar pukul 15.30 WIB, Jumat 27 Januari 2023.

Kapolres Kebumen AKBP Burhanuddin melalui Kasubsi Penmas Aiptu S Catur Nugraha mengungkapkan, hasil penyelidikan, kebakaran rumah semi permanen berukuran kurang lebih 9×12 Meter itu diduga dipicu bara api sisa memasak gula merah.

“Keterangan korban, setelah memasak atau membuat gula merah ia menaruh kayu bakar di atas tungku. Kemungkinan dari tungku itu membakar kayu lalu merambat ke bangunan rumah,” jelas Aiptu Catur, Sabtu 28 Januari 2023.

Setelah menaruh kayu, lantas korban pergi meninggalkan rumah kurang lebih 30 menit untuk mencari pakan ternak.

Saat posisi di luar, tetangga korban melihat api sudah membesar melalap rumah korban sehingga kesulitan untuk memadamkan.

Meski telah dilakukan upaya pemadaman, api tetap membesar dan melalap habis bangunan.

Tetangga hanya bisa mengamankan satu unit kendaraan sepeda motor milik korban. Namun barang berharga lainnya berupa pakaian, alat dapur, gabah kuranh lebih 1 Kwintal, gula merah 20 Kg, peralatan elektronik, kasur, lemari kayu, dokumen-dokumen, serta uang tunai Rp. 530.000, tidak bisa diselamatkan dalam peristiwa itu.

Adanya peristiwa itu, Polres Kebumen mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk lebih hati-hati dengan selalu mengecek saat akan meninggalkan rumah.

“Kami berpesan, untuk selalu mengecek pintu atau jendela apakah sudah terkunci, keran air atu kompor apa sudah dimatikan dengan baik,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *