Juni 14, 2024

Bandung: Dalam suatu organisasi, baik itu institusi pemerintah maupun perusahaan tidak ada kesuksesan yang diraih atas prestasi perseorangan. Selalu ada peran orang lain, baik dari satu fungsi atau fungsi lainnya. Semua memiliki peran dan secara bersama – sama selalu berusaha untuk mencapai tujuan organisasi. Disinilah perlunya kerjasama sebuah tim agar pencapaian usaha bisa maksimal “, ungkap Pemerhati SDM Dede Farhan Aulawi di Bandung, Kamis (26/1).

Hal tersebut ia sampaikan sekembalinya dari puncak Bogor setelah menyampaikan paparan motivasi “Effectivelly Teamwork Building” atau ’Membangun Tim Kerja Secara Efektif’ yang diselenggarakan di hotel JSI Puncak Bogor. Kegiatan tersebut dihadiri oleh seluruh middle manager dan top manager sebuah perusahaan pengeboran pertambangan umum.

Menurutnya, perkembangan kondisi sosial yang super dinamis menuntut sebuah respon yang cepat, tepat, tanggap dan trengginas agar bisa memberikan pelayanan yang terbaik sehingga tidak sekedar mencapai ‘customer satisfaction’ semata, melainkan mewujudkan apa yang disebut ‘customer loyalty’.

Selanjutnya ia juga menjelaskan bahwa untuk memiliki teamwork yang baik tidak tercipta dengan sendirinya, melainkan harus melibatkan tangan dingin yang mampu mendesain dan merekonstruksi suatu kondisi dalam menciptakan tim kerja yang solid.
Soliditas seringkali menjadi jargon yang sangat riuh dalam acara – acara seremoni formal, tetapi terkadang cukup rapuh dalam respon tanggung jawab empirik. Oleh karenanya berbagai upaya untuk mewujudkan Tim Kerja Yang Solid ini menjadi sangat penting. Jelasnya.

Kemudian ia juga menambahkan bahwa pembekalan atau pelatihan motivasi ini setidaknya bisa menyingkap kesadaran kolektif untuk membangun semangat kebersamaan dan kekompakan kelompok/team dari satu institusi ataupun korporasi. Tidak ada orang yang hebat karena satu sama lain memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Namun dengan kerjasama tim yang baik, satu sama lain bisa saling mengisi.

” Penekanan program ini pada pengembangan kepercayaan diri (self confidence), kerjasama kelompok (team building), dan kepemimpinan (leadership) dengan berfokus pada pengembangan mindset untuk saling melengkapi kekuatan masing-masing dalam sebuah tim kerja yang solid. Hadirin atau peserta pembekalan diarahkan untuk memiliki perilaku kerja yang kolaboratif dan bersinergi dalam kerja sama yang saling memperkuat “, imbuhnya.

Adapun subjek pembahasan yang disampaikan dalam pembekalan ini, meliputi :

– Membangun Visi Sebuah Tim Kerja
– Perilaku Individual, Orientasi dan Pengaruhnya Terhadap Tim
– Membangun Kepribadian dan Karakter Sebuah Tim
– Mengatasi faktor penghambat produktifitas kerja Tim
– Bermental Positif Dalam Menghadapi Tantangan Dan Risiko Tugas
– Membangun Empati Sosial Dalam sebuah Tim
– Memahami dan Membangun Komunikasi Tim
– Mengelola Konflik Dalam Tim
– Mengembangkan Koordinasi Menuju High Performing Team

” Kegiatan seperti ini bisa dibagi ke dalam dua format, yaitu program pembekalan dengan durasi waktu sekitar 90 menit. Lalu bisa dalam bentuk pelatihan dalam rangka peningkatan kemampuan dengan durasi waktu 1 hari. Tempat juga bisa menggunakan ruang kantor yang ada “, pungkas Dede.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *