Juli 18, 2024

Purbalingga – Polres Purbalingga beserta jajarannya terus melaksanakan kegiatan Jumat Curhat. Para pejabat utama Polres Purbalingga dibagi untuk memimpin kegiatan berbagai wilayah.

Salah satunya yang dilaksanakan di Terminal Bus PurbaIingga dipimpin oleh Kabag Operasi Kompol Totok Nuryanto, Jumat (13/1/2023). Hadir dalam kegiatan Kapolsek Kalimanah AKP Setiadi berikut para kanit.

Jumat Curhat di Terminal Bus PurbaIingga diikuti oleh para sopir bus dan angkutan kota. Selain itu, para tukang ojek, tukang becak dan pedagang di komplek terminal.

Kabag Ops Kompol Totok Nuryanto dalam sambutannya mengatakan kegiatan Jumat Curhat ini merupakan program Kapolri yang ditindaklanjuti hingga tingkat polda, polres dan polsek. Tujuannya menjalin komunikasi dan menerima informasi kamtibmas dari masyarakat.

“Monggo sampaikan informasi atau saran serta unek-unek terkait kamtibmas yang dapat menjadi masukan dan akan ditindaklanjuti oleh pihak kepolisian,” ucapnya.

Kabag Ops menyampaikan bahwa peran serta masyarakat dalam mewujudkan keamanan diperlukan. Masyarakat dapat menciptakan keamanan dari lingkungan terkecil di sekitar tempat tinggal. Apabila ada kejadian dapat segera melapor ke pihak kepolisian.

Dalam kegiatan sejumlah pertanyaan dan keluhan disampaikan oleh peserta. Salah satunya dari sopir angkudes bernama Wasis yang mengeluh banyaknya kendaraan odong-odong yang beroperasi. Kendaraan tersebut digunakan mengangkut penumpang di jalur angkudes.

Terkait hal tersebut, Kabag Ops menyampaikan bahwa kendaraan odong-odong dapat digunakan hanya di tempat tertentu. Apabila digunakan di jalan umum maka dapat dilakukan penindakan. Penindakan dilakukan oleh Satlantas Polres Purbalingga.

“Kami akan berkoordinasi dengan Satlantas untuk kembali melakukan penertiban kendaraan odong-odong yang melanggar ketentuan,” ucap Kabag Ops.

Pertanyaan lain disampaikan Tarsono pengemudi bus mikro. Hal yang disampaikan adalah kesemrawutan jalan akibat banyaknya kendaraan roda dua saat jam berangkat sekolah di jalur Rembang – PurbaIingga.

Menanggapi hal itu, Kabag Ops menyampaikan akan melakukan koordinasi dengan polsek-polsek yang berada di jalur tersebut. Personel kepolisian akan ditempatkan di titik rawan kemacetan atau kecelakaan lalu lintas saat jam padat pada pagi hari.

Kegiatan Jumat Curhat di Terminal Bus PurbaIingga berlangsung serius namun santai. Sejumlah pertanyaan lain disampaikan dan langsung mendapat jawaban dari pihak kepolisian. Di sela acara, diberikan kuis kepada para peserta yang dapat menjawab pertanyaan. Diberikan hadiah yang sudah disiapkan oleh Kapolsek Kalimanah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *