Juni 24, 2024

Polda Jateng, Kota Semarang | Penerapan Sistem One Way Arus Balik 2024 akan dimulai besok Sabtu (13/4/2024) siang. Rencananya pada pukul 14.00 WIB, rombongan arus balik akan dilepas langsung oleh Kakorlantas di GT Kalikangkung.

Demikian penyampaikan Kabidhumas Polda Jateng Kombes Pol Satake Bayu dalam keterangannya di Mapolda Jateng pada Jumat, (12/4/2024) pagi.

“Hal ini berdasarkan Rakor yang dipimpin Bapak Menko PMK dan Menhub di KM 70 Cikampek pada Kamis (11/4) kemarin,” jelas Kabidhumas.

Penerapan Sistem One Way Arus balik disebut akan menyesuaikan jumlah dan kepadatan arus kendaraan yang melintas. Puncak arus balik diprediksi terjadi pada tanggal 13 dan 14 April 2024.

Guna menghindari kemacetan, pihaknya menghimbau masyarakat yang akan kembali untuk mengatur jadwal kepulangan.

“Persiapkan diri dan kendaraan dengan baik. Pastikan kartu tol terisi cukup agar tidak terjadi kemacetan di gerbang tol,” lanjutnya.

Terkait masyarakat yang pulang dengan kendaraan travel, dirinya meminta agar masyarakat selektif dalam memilih kendaraan dan pengemudi. Pengemudi juga dianjurkan tidak menyopir terlalu lama untuk menghindari berkendara dalam kondiai mengantuk akibat kelelahan.

“Pilih kendaraan yang fit dan sopir yang bugar untuk menghindari resiko kecelakaan akibat kelelahan. Ingatkan sopir untuk istirahat setelah 4 jam berkendara. Silahkan gunakan pos polisi yang tersebar sepanjang jalur untuk beristirahat sejenak bila lelah,” pesannya.

Sementara bagi masyarakat yang masih memanfaatkan waktu liburan dengan berkunjung ke tempat wisata, pihaknya menyebut keamanan dan keselamatan tetap menjadi prioritas.

“Tetap patuhi himbauan dan arahan petugas di lapangan, prinsip kami keamanan dan keselamatan masyarakat tetap menjadi prioritas selain kelancaran dan ketertiban berlalu lintas,” pungkasnya.

Red”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *