April 24, 2024

Jakarta,- Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meminta pemudik yang membawa kendaraan untuk tetap mematuhi aturan lalu lintas. Hal itu demi keamanan dan kenyamanan di perjalanan.

“Hati-hati di jalan, jangan memaksakan. Kemudian, ikuti informasi terkait mudik, ikuti aturan yang sudah dibuat, sehingga semuanya bisa melaksanakan mudik aman, tertib dan menghindari risiko kecelakaan yang mungkin terjadi di jalan,” kata Kapolri dalam keterangannya dikutip, Minggu, (16/4/2023).

Kapolri menyampaikan itu usai memberikan bantuan sembako di Kantor PP Persis, Bandung, Jawa Barat, Sabtu (15/4/2023).

Jenderal bintang empat itu memastikan Polri terus mematangkan kesiapan dan melakukan evaluasi guna mengamankan arus mudik dan arus balik Hari Raya Idulfitri 1444 Hijriah/2023 Masehi.

Kesiapan yang terus dimatangkan antara lain penerapan rekayasa lalu lintas di jalan tol berupa contra flow, one way, dan ganjil-genap selama periode mudik Lebaran 2023.

Menurut Kapolri, rekayasa lalu lintas dilakukan untuk mengantisipasi kepadatan arus lalu lintas, utamanya pada saat puncak arus mudik dan balik. Sebab, volume kendaraan diprediksi meningkat selama mudik.

Kapolri mengatakan strategi rekayasa lalu lintas di jalan tol itu perlu dipersiapkan agar perjalanan mudik bisa lebih baik, aman, dan lancar. Apalagi tahun ini jumlah pemudik diprediksi akan mengalami peningkatan.

“Ini semua kami lakukan agar proses perjalanan mudik betul-betul bisa terkelola dengan baik dan masyarakat bisa sampai tujuan mudik dengan lancar dan juga harapan kita semuanya selamat,” ujar Kapolri.

Kapolri menambahkan Polri dan pihak terkait lainnya akan melakukan apel gelar pasukan untuk menandai dimulainya Operasi Ketupat 2023 untuk mengawal dan mengamankan mudik. Sehingga, budaya pulang kampung saat lebaran berjalan lancar sesuai harapan masyarakat.

“Kita sudah masuk dalam rangkaian kegiatan mudik, dan sudah dimulai dari kemarin,” kata Kapolri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *