April 24, 2024

Purbalingga – Polres Purbalingga menggelar Apel Gabungan Penguatan Sinergitas TNI – Polri Kabupaten Purbalingga. Kegiatan dilaksanakan di halaman Mapolres Purbalingga, Senin (20/2/2023) pagi.

Bertindak selaku pimpinan apel Dandim 0702 Letkol Infanteri Dipo Sabungan Lumban Gaol dan Kapolres Purbalingga AKBP Era Johny Kurniawan. Sedangkan peserta apel adalah personel Polres Purbalingga dan Kodim 0702 PurbaIingga.

Kapolres Purbalingga AKBP Era Johny Kurniawan dalam amanatnya menyampaikan wujud sinergitas TNI-Polri di Purbalingga sudah dilakukan secara nyata. Salah satunya pengungkapan kasus yang terungkap berkat bantuan dari rekan-rekan TNI.

“Oleh karenanya diberikan reward bagi personel TNI yang telah membantu tugas Polri dalam pengungkapan kasus curanmor. Berkat sinergitas dan kerja sama pengungkapan kasus dapat dilakukan,” kata Kapolres.

Disampaikan bahwa selain kalender kamtibmas yang rutin, kedepan akan dilaksanakan kegiatan pemilihan umum (Pemilu), yang tahapannya sudah dimulai sejak tahun ini. Pemilu yang akan datang berbeda dengan pemilu yang sudah pernah dilakukan sebelumnya karena dilaksanakan serentak namun estafet dari Pilpres, Pileg dan Pilkada.

“Pemilu kali ini menjadi yang terpanjang dalam pengamanannya. Ini menjadi tanggung jawab kita bersama. Tidak hanya TNI-Polri namun juga seluruh masyarakat,” ucap Kapolres.

Lebih lanjut disampaikan, rekan-rekan sekalianlah yang akan dilibatkan dalam pengamanan di Kabupaten Purbalingga untuk mendukung suksesnya pemilu. Oleh karena itu, sinergitas TNI-Polri di Kabupaten Purbalingga diperlukan, tidak hanya di tingkat pimpinan namun juga hingga tingkat terbawah.

“Tetap pertahankan sinergitas dan soliditas yang sudah terjalin baik. Jaga sikap dan perilaku dalam masyarakat. Apabila ada permasalahan segera selesaikan agar tidak menjadi ekses negatif,” pesan Kapolres.

Dandim 0702 PurbaIingga Letkol Infanteri Dipo Sabungan Lumban Gaol dalam amanatnya menyampaikan sinergitas TNI-Polri di Purbalingga sudah maksimal dilaksanakan di wilayah masing-masing. Penerima penghargaan kali ini, merupakan salah satu representasi dari pelaksanaan tugas rekan-rekan TNI-Polri yang lain di lapangan.

“TNI-Polri di Kabupaten Purbalingga sudah menunjukkan sinergitas yang baik di lapangan. Dimana Bhabinkamtibmas dan Babinsa selalu bersinergi hingga setiap ada kegiatan di tingkat kecamatan atau desa, keduanya terlihat bersinergi dalam pelaksanaan tugas,” kata Dandim.

Dandim berpesan bahwa sinergitas TNI-Polri yang sudah berjalan ini harus terus dilakukan hingga kapanpun. Sehingga sinergitas TNI-Polri mampu mendukung suksesnya program-program pemerintah seperti Pemilu yang akan datang.

Dalam apel dilaksanakan pemberian penghargaan bagi personel TNI dan Polri yang berprestasi dan memiliki dedikasi dalam tugas. Penghargaan diberikan kepada Peltu Muchamad Yamroni dan Serka Totok Rusmianto dari Posramil Padamara. Keduanya berpartisipasi aktif dalam pengungkapan kasus pencurian sepeda motor.

Sedangkan personel Polri yang menerima penghargaan masing-masing Aiptu Anton Trisfianto, Ipda Arif Trianto dan Iptu Nyamiran. Ketiganya merupakan personel yang teraktif dalam pengisian pelaporan Operasi kepolisian terpusat yaitu Operasi Lilin Candi 2022 melalui aplikasi SOT Presisi.

Usai apel dilakukan pengecekan sarana dan prasarana pendukung pelaksana tugas. Dilakukan pengecekan secara langsung oleh Kapolres dan Dandim mobil dan sepeda motor dinas yang dipakai dalam pelaksanaan tugas baik personel Polri maupun TNI.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *