Juni 14, 2024

Kebumen – Ditlantas Polda Jateng bersama Sat Lantas Polres Kebumen melakukan sosialisasi Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) menggunakan kanera Drone.

Uji coba atau sosialisasi dilakukan di seputaran bundaran Tugu Lawet Kebumen, Rabu 1 Februari 2023.

Kasi Gakkum Ditlantas Polda Jateng Kompol Ilham Syafriantoro mengungkapkan, ETLE Drone merupakan pengembangan dan penyempurnaan ETLE yang sudah dilaksanakan selama ini.

” ETLE Drone ini merupakan perintah dari bapak Dirlantas langsung. Kegiatan uji coba ini dilaksanakan di 35 Polres kota Kabupaten se-Jawa Tengah,” jelas Kompol Ilham Syafriantoro kepada wartawan.

Ketika ETLE Drone diterbangkan, ia mampu melakukan perekaman serta mengcapture pelanggaran melalui udara.

System kerjanya tidak jauh berbeda dengan kamera ETLE yang telah dipasang di beberapa titik di Kebumen serta telah dioperasikan saat ini.

Melalui kamera ETLE Drone, pelanggaran lalu-lintas yang bersifat kasat mata bisa tertangkap jelas. Diantaranya pengendara sepeda motor tidak memakai helm, atau pengendara roda empat atau mobil tidak memakai sabuk keselamatan juga dapat direkam jelas oleh kamera tersebut.

Pelanggar yang telah tercapture, foto akan dikirimkan ke back office, lalu dilakukan verifikasi ataupun validasi dan kemudian hasil record akan dikirimkan ke alamat pelanggar.

Sosialisasi atau uji coba ETLE Drone yang saat ini dilakukan baru sampai pada tahap uji coba. Untuk efektivitas penerapan masih menunggu keputusan dari Ditlantas Polda Jateng.

Selama uji coba, Dit Lantas Polda Jateng menggandeng Asosiasi Pilot Drone Indonesia (APDI) dalam pengoperasiannya. Saat menerbangkan kamera Drone ada beberapa hal yang diperhatikan diantaranya faktor keselamatan yang dipengaruhi oleh cuaca serta kondisi lingkungan.

Kapolres Kebumen AKBP Burhanuddin melalui Kasat Lantas Polres Kebumen AKP Tejo Suwono menyambut baik program ETLE Drone dari Ditlantas Polda Jateng dan berharap bisa mendukung tugas kepolisian di Kebumen.

AKP Tejo sangat mendukung program tersebut jika suatu saat penerapannya dilakukan di Polres jajaran.

“Kami sangat mendukung. Ini juga bentuk pelayanan kepada masyarakat, bagaimana Polri mewujudkan Kamseltibcarlantas di wilayah Kebumen. Kami juga berharap kepada masyarakat agar mendukung langkah baik ini,” pungkas AKP Tejo.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *