Juni 24, 2024

PALU, -Polda Sulawesi Tengah menggelar nonton bareng (Nobar) pagelaran wayang orang “Pandawa Boyong” bersama unsur Forkopimda Sulteng, pejabat utama Polda Sulteng dan kerukunan pecinta wayang bertempat di Aula Rupatama Polda Sulteng, Minggu 16 Januari 2023 mulai pukul 20.00 wita,

“Pandawa Boyong” yang dimainkan oleh Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan Kepala Staf tiga matra TNI yang berlangsung di Taman Ismail Marjuki (TIM) TMII, Jakarta, juga turut disaksikan secara serentak di Polres jajaran

Dikutip dari ntmcpolri.info (15/1/2023) disebutkan, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, menginisiasi pagelaran wayang orang dengan judul ‘Pandawa Boyong’.

“Pagelaran wayang orang Pandawa Boyong adalah inisiasi Panglima TNI waktu itu menjabat sebagai Kepala Staf Angkatan Laut. Beliau pada awalnya memerintahkan saya untuk menyelenggarakan atau membuat kegiatan wayang orang Dewa Ruci,” ujar Aspotmar KASAL Mayjen TNI (Mar) Nur Alamsyah selaku ketua panitia.

Kemudian dengan berjalannya waktu, evaluasi, beliau kemudian memanggil saya, kemudian memutuskan pagelaran wayang orang ini menjadi pagelaran wayang orang Pandawa Boyong. Berkolaborasi bersama lintas generasi, para tokoh dan berbagai unsur seperti Laskar Indonesia Pusaka, Paguyuban Wayang Orang Barata serta prajurit TNI Angkatan Laut,” tuturnya.

Pandawa Boyong bercerita tentang perjuangan Pandawa yang merupakan lambang kehidupan, mengajak kita sebagai bagian dari masyarakat untuk lebih memahami, menghayati, dan mengamalkan semangat serta nilai-nilai Pancasila yang diwakili oleh masing-masing sosok Pandawa Lima.

“Pandawa Boyong bercerita tentang kegagalan Prabu Kresna menjadi duta pamungkas para Pandawa untuk mengambil kembali Kerajaan Astinapura dari para Kurawa,” kata Mayjen TNI (Mar) Nur Alamsyah dalam postingan videonya.

Terpisah Kabidhumas Polda Sulteng Kombes Pol Didik Supranoto mengatakan, Nobar wayang orang “Pandawa Boyong” dilaksanakan serentak jajaran Polda Sulteng secara live streaming melalui youtube,

Ini sebagai upaya melestarikan budaya nusantara, sekaligus dalam rangka memperingati Hari Dharma Samudra tahun 2023 TNI Angkatan Laut yang diinisiasi Panglima TNI saat masih menjabat KASAL, pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *