April 24, 2024

Papua,- Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo memastikan akan terus mengawal kebijakan Presiden Jokowi di Tanah Papua. Kebijakan itu diantaranya pemerataan pembangunan di Tanah Papua. Dengan pemerataan pembangunan dan potensi yang ada, Kapolri yakin Papua akan menjadi daerah lebih maju. Hal itu disampaikan Kapolri saat peresmian Mako Polda Papua baru di Jayapura, Papua, Minggu (8/1/2023).

“Kita harapkan sejalan dengan apa yang menjadi kebijakan Pak Presiden. Bahwa tanah Papua harus maju seperti daerah lain, di Indonesia. Papua adalah surga kecil yang jatuh ke bumi. Ini saya mengulang apa yang disampaikan Pak Presiden,” kata Kapolri.

Kapolri mendorong personel kepolisian terus meningkatkan keamanan dan stabilitas politik di Papua, sehingga pembangunan infrastruktur dan pembangunan sumber daya manusia dapat tercapai dengan cepat tanpa gangguan.

Terlebih, Kapolri melihat ada rencana hilirisasi industri yang juga akan dilaksanakan di wilayah Papua. Menurut Kapolri, hal itu akan membuka lapangan kerja baru serta menambahnya pengetahuan untuk terus meningkatkan pendidikan demi kesejahteraan dan kebahagiaan.

“Ini menjadi komitmen bersama yang namanya pembangunan harus terus bertumbuh. Pemerintah Pusat terus menerus menggenjot program terkait tanah Papua,” tegasnya.

Di tahun 2023, Kapolri mengungkapkan bahwa Pemerintah terus menyelenggarakan program prioritas dan Major Project di wilayah Papua. Terkait hal itu, Kapolri menekankan diperlukannya sinergitas antara TNI-Polri dan seluruh elemen masyarakat.

Program prioritas itu di antaranya, pembangunan destinasi wisata, pengembangan kawasan perkotaan, dan infrastruktur kawasan pertanian. Sementara itu Major Project diantaranya, pengembangan Bandara, penugasan khusus tenaga kesehatan di Papua dan Papua Barat.

“Ini menjadi bagian upaya yang terus didorong Pemerintah untuk mewujudkan Indonesia sentris. Dan Indonesia sentris itu salah satunya bagaimana kemudian yang berkontribusi adalah wilayah Papua,” tuturnya.

Kapolri memastikan TNI-Polri akan terus mendukung dan mengawal kebijakan dari Presiden Jokowi di Papua, untuk mewujudkan sebagaimana sila kelima Pancasila Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia.

“Papua kedepan akan menjadi salah satu wilayah yang menjadi pusat pertumbuhan ekonomi di luar Jawa,” kata Kapolri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *