April 12, 2024

Pada hari Selasa tanggal 27 Desember 2022 bertempat di Komplek Bumi Patra Blok AA No. 12 Ds. Cipadung Wetan Kec. Panyileukan Kota Bandung telah dilaksanakan Peresmian Rumah Kebangsaan kelompok elemen mahasiswa Cipayung Plus oleh Bapak Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Drs. Suntana, M.Si.

Maksud dan tujuan dilaksanakannya kegiatan tersebut dalam rangka menciptakan situasi kamtibmas Jabar yang kondusif serta membangun sinergitas, soliditas dan kemitraan antara pihak Kepolisian Daerah Jawa Barat dgn pihak kelompok elemen mahasiswa Cipayung Plus.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kapolda Jabar Irjen Pol Drs. Suntana, M.Si, Wakapolda Jabar Brigjen Pol Bariza Sulfi, S.I.K., Para Pejabat Jajaran Utama Polda Jabar, Tamu undangan dari Pemprov Jabar, tokoh agama, tokoh masyarakat dan para akademisi serta Kelompok elemen mahasiswa yang tergabung dalam Cipayung Plus Jabar sebanyak lk 67 Orang dari Badko HMI Jabar, IMM Jabar, PKC PMII, Hima Persis Jabar, GMKI dan PW KAMMI Jabar.

Dalam sambutannya Direktur Intelkam Polda Jabar Kombes Pol Drs. Ruslan Ependi, M.si mengatakan bahwa pertemuan apapun harus bermarwah Islam hasanah dan berkemajuan serta mendapat apresiasi bagi banyak pihak dan itu bukan etalase saja tapi cermin hubungan organisasi dan ormas / agama, sehingga dapat menjadi contoh bagi bangsa Indonesia yang akan melaksanakan pemilu tahun 2024.

“Rumah kebangsaan adalah semangat sabilulungan kacai jadi saleuwi, kadarat jadi salebak/hirup guyub sauyunan saluyu sabilulungan.” ujar Dir Intel Polda Jabar.

Membangun peradaban melalui rumah kebangsaan yang berakal dan berhati nurani/qolbu adalah rumah kebangsaan yang berisikan berbagai organisasi pemuda atau apapun organisasi adalah lahir (walaupun terlambat, karena belum adanya konsep yang jelas, tapi sungguh lahir dari perjuangan panjang dan ketulusan maka insyaa alloh akan lahir semangat.” ucapnya.

Konsensus negara pancasila dan membangun menjadi indonesia yang merdeka bersatu berdaulat, adil dan makmur dan lain – lsin.

Rumah kebangsaan hadir ditengah generasi milineal jumlahnya 64,28 % setara 174 juta dari 271 juta penduduk indonesia.

Perwakilan elemen Mahasiswa oleh Sdr. Faisal (Ketua DPD IMM Jabar) mengucapkan Terima ksh untuk ayahanda tercinta Bapak Kapolda Jabar dan Dir Intelkam Polda Jabar yang senantiasa memberikan arahan dan memotivasi kepada semua kelompok elemen mahasiswa Cipayung plus jabar.

“Beberapa waktu kebelakang banyak hal yang tak terduga seperti wabah covid 19 sehingga dengan adanya rumah kebangsaan dapat menjadi wadah bagi kami utk berinovasi.” ujarnya.

“Dalam rumah kebangsaan ini kami menyampaikan konsep Kolaborasi Penta Helix, yang mana konsep ini saling terkoneksi dan terintergrasi, selain itu
kami mengundang Permprov Jabar, Rektor dan Pengusaha supaya kedepannya bisa mensuport rumah kebangsaan ini” ungkapnya.

Kapolda Jabar Irjen Pol Drs. Suntana, M.Si dalam sambutannya memanjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT, Tuhan yang maha kuasa, karena atas segala limpahan rahmat dan karunia-nya, masih diberikan kesehatan dan kesempatan, sehingga dapat hadir dalam acara “ Peresmian Rumah kebangsaan Jawa Barat”, dalam keadaan sehat Walafiat.

“Pada hari ini saya selaku Kapolda Jabar dengan penuh kebanggaan mengucapkan selamat atas telah diresmikannya
rumah kebangsaan Jawa Barat, yang merupakan
implementasi program andalan dari organisasi kemasyarakatan pemuda
dalam rangka menjaga, merawat persatuan dan kesatuan bangsa indonesia yang beragam.” ujarnya.

“Selain itu juga, bertujuan meningkatkan kapasitas anak muda dalam bidang ekonomi, kreatif dan
digitalisasi sekaligus merupakan simbol atau pusat kegiatan diskusi
mencari solusi tentang
permasalahan baik lokal maupun nasional termasuk masalah global.” tuturnya.

Rumah kebangsaan bagi mahasiswa merupakan tempat yang menjadi titik
pusat pergerakan, diskusi, bagi seluruh organ mahasiswai, dimana anggota tersebut dapat berkumpul, berdiskusi,
bertukar pikiran, dan bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama.

“Dengan adanya Rumah Kebangsaan, maka kegiatan -kegiatan tersebut akan terasa lebih resmi dan terstruktur, sehingga dapat memberikan dampak
yang lebih baik bagi organisasi maupun bangsa dan negara dari pada aksi di jalan.” ungkap Irjen Suntanan

“Saya berharap muncul bibit – bibit, tunas – tunas muda Indonesia khususnya Jawa Barat yang kedepannya siap menompang pembangunan perjalanan bangsa Indonesia. dan Polda Jabar siap berkolaborasi untuk tetap menjaga dan merawat bangsa Indonesia.” tuturnya.

“Sebelum mengakhiri sambutan ini, saya berpesan kepada seluruh organisasi Kemasyarakatan pemuda: Agar selalu menjaga
situasi kamtibmas yang aman dan kondusif, Agar dapat membantu mengawal Berjalannya Pemilu 2024 dan Jadilah pemuda yang berkreasi dan berinovasi namun tidak meninggalkan integritasnya.” ungkap Kapolda Jabar

Pada kesempatan tersebut tidak lupa diberikan Santunan kepada Anak Nusantara (Anak-anak Yatim dari perwakilan umat Islam, Nasrani dan Hindu) yang diserahkan secara simbolis oleh para ketua elemen mahasiswa, pembacaan Tausyiah dari Bapak Ustad Budi Prayitno serta Penekanan tombol sirine sebagai simbolis peresmian rumah kebangsaan oleh Kapolda Jabar dan para perwakilan mahasiswa Cipayung plus.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *