Juni 14, 2024

Kebumen – Hujan deras di akhir tahun 2022 menyisakan duka mendalam bagi tiga warga Desa Glontor, Kecamatan Karanggayam, Kabupaten Kebumen, lantaran rumahnya rusak dihantam longsor karena tingginya curah hujan.

Peristiwa longsor terjadi sekitar pukul 18.00 WIB menjelang azan maghrib, Senin 26 Desember 2022.

Kapolres Kebumen AKBP Burhanuddin melalui Kasubsi Penmas Aiptu S Catur Nugraha mengatakan, meski tak ada kerugian jiwa namun rumah para korban mengalami kerusakan cukup parah.

“Kami mendapatkan informasi dari Polsek Karanggayam, telah terjadi longsor di Desa Glontor. Namun tidak ada korban jiwa,” jelas Aiptu Catur, Selasa 27 Desember 2022.

Selnjutnya Kapolsek Karanggayam Iptu Kholil saat dikonfirmasi, berdasarkan data dihimpun, rumah milik Misnam tembok hancur karena diterjang longsor, serta satu hewan ternak kambing mati karena kejadian itu.

Sama halnya dengan korban Adman, tembok dapurnya retak serta rumahnya amblas terbawa longsor karena peristiwa itu. Korban terakhir, Munarja, rumah semi permanen yang terbuat dari papan GRC, temboknya hancur diterjang tanah.

“Saat kejadian korban berhasil menyelamatkan diri. Jadi hanya kerugian material,” ungkap Iptu Kholil.

Peristiwa bermula dari hujan deras lalu diikuti suara gemuruh dari arah tebing. Warga selanjutnya melihat tanah retak yang diikuti longsor dari atas tebing. Selanjutnya warga berteriak agar menjauh dari titik longsor serta keluar dari dalam rumah.

Red:Tarman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *