April 18, 2024

Kebumen – Momentum Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 menjadi hal paling ditunggu-tunggu oleh masyarakat Indonesia di penghujung tahun. Berbagai kegiatan berimplikasi terhadap meningkatnya mobilitas masyarakat.

Berdasarkan hasil survei Kemenhub, diperkirakan akan ada 44,17 juta orang melakukan pergerakan pada Nataru tahun ini.

Mendukung lancarnya kegiatan Nataru, operasi dengan sandi Operasi Lilin Candi 2022 telah dibuka Polres Kebumen. Operasi ini akan dilaksanakan selama 11 hari ke depan, mulai 23 Desember 2022 sampai 2 Januari 2023.

Operasi dibuka dengan ditandai pemasangan pita tanda operasi warna merah kepada para perwakilan personel pengamanan, saat pelaksanaan Apel Gelar Pasukan Ops Lilin di halaman Mapolres Kebumen oleh Bupati Kebumen Arif Sugiyanto, Kamis 22 Desember 2022.

Menjadi Pimpinan Apel Gelar, Bupati Kebumen Arif Sugiyanto membacakan amanat dari Kepala Kepolisian Republik Indonesia Jendral Polisi Listyo Sigit Prabowo.

“Apel Gelar Pasukan merupakan bentuk pengecekan akhir kesiapan personel maupun sarana prasarana. Dengan demikian, diharapkan pengamanan dapat terselenggara secara optimal dan sinergi, sehingga perayaan Natal 2022 serta Tahun Baru 2023 (Nataru) mampu berjalan dengan kondusif,” kata Bupati Kebumen didampingi Kapolres Kebumen AKBP Burhanuddin, Dandim 0709/Kebumen Letkol Inf Eduar Hendri, dan Kajari Kebumen Fajar Sukristyawan.

Sejumlah kendaraan patroli, ataupun peralatan pengamanan ditampilkan dan dilakukan pengecekan pada kesempatan itu.

Selanjutnya Kapolres Kebumen AKBP Burhanuddin menambahkan, selama Operasi Lilin pihaknya melibatkan 448 personel Polres hingga Polsek jajaran, untuk mengamankan 76 gereja, arus mudik, serta kegiatan masyarakat di sejumlah objek wisata, objek vital, ataupun kegiatan masyarakat lainnya di dalam kota ataupun sekitar Kebumen.

“Polres Kebumen siap mendukung suksesnya perayaan Natal dan Tahun Baru. Fokus pengamanan yakni arus mudik, kegiatan ibadah di Gereja, objek wisata, objek vital, serta berbagai kegiatan masyarakat,” jelas Kapolres.

Setelah pelaksanaan Apel Gelar, para personel akan bergeser ke pos pengamanan yang telah diploting oleh Bagian Operasional Polres Kebumen.

Kegiatan masyarakat Mendegam konser musik di Alun-alun Kebumen pada tanggal 30-31 Desember juga menjadi perhatian khusus dalam Operasi Lilin Candi 2022 Polres Kebumen.

Personel pengamanan akan ditempatkan di titik rawan macet serta di seputaran Alun-alun Kebumen. Rekayasa lalu-lintas diberlakukan mulai pukul 14.00 WIB sampai dengan selesai.

Selain melibatkan 218 personel Polres Kebumen pengamanan selama kegiatan Kebumen Mendegam, juga melibatkan personel Brimob.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *