April 24, 2024

MAGELANG – Sebanyak 24 mahasiswa berbagai fakultas dari Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta diterjunkan di Kecamatan Ngluwar, Kabupaten Magelang. Para mahasiswa tersebut akan melaksanakan kegiatan dari kampusnya berupa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (PPM).

Kedatangan para mahasiswa secara resmi diterima oleh Forkopimcam Ngluwar dalam acara penerimaan di Pendapa Kecamatan Ngluwar, Senin (19/12/2022). Acara dihadiri oleh Camat Ngluwar Rohmat Zani, S.Sos, Kapolsek Ngluwar Iptu M. Honi Zulqirom, Komandan Koramil Ngluwar diwakili oleh Peltu Sutrisno.

Hadir pula Bhabinkamtibmas Bligo Aiptu Ibnu Karyono, Babinsa Bligo Serda Agus Dwi Susanto. Serta 24 mahasiswa peserta KKN PPM yang didampingi Dosen Psikologi dari UGM selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), Sumaryono.

Dalam kesempatan itu Sumaryono selaku DPL “kulanuwun” (permisi) kepada Forkopimcam dan masyarakat Kecamatan Ngluwar, bahwa dirinya bersama para mahasiswa akan melaksanakan program KKN PPM di kecamatan tersebut. Disampaikan bahwa kegiatan secara resmi berlangsung dari tanggal 16 Desember 2022 hingga 4 Februari 2023 mendatang.

“Untuk itu mohon bantuan, arahan, dan petunjuk serta masukan positif kepada para mahasiswa dari Forkopimcam dan para pemangku wilayah di Kecamatan Ngluwar ini. Agar para mahasiswa mendapatkan ilmu yang nantinya akan sebagai bekal mereka terjun langsung di masyarakat,” ucap Sumaryono.

Adapun lokasi sasaran KKN PPM mahasiswa UGM tersebut adalah tiga desa di wilayah Kecamatan Ngluwar. Yaitu Desa Somokaton, Desa Pakunden, dan Desa Blongkeng, di mana di masing-masing desa diterjunkan 8 mahasiswa peserta KKN.

Dalam penerimaannya, Camat Ngluwar Rohmat Zani, S.Sos sangat berterimakasih atas kehadiran para mahasiswa KKN PPM dari UGM. Selanjutnya Camat Ngluwar juga menyampaikan penekanan dan pembekalan tentang karakteristik, dan situasi secara umum wilayah Kecamatan Ngluwar.

“Saya berharap kegiatan berjalan lancar dan memberi nilai positif baik bagi para mahasiswa terutama bagi masyarakat tempat kegiatan,” katanya.

Sementara Kapolsek Ngluwar Polresta Magelang Iptu M. Honi Zulqirom menyampikan bahwa pihaknya memiliki Bhabinkamtibmas yang sewaktu-waktu bisa mendampingi mahasiswa dalam kegiatan KKN. Ditegaskan pula bahwa Bhabinkamtibmas ada, dan siap 24 jam untuk warga.

“Kami titip pesan kepada para mahasiswa, terkait pencegahan tindak kekerasan pelajar, tolong agar mahasiswa juga memasukkan program kerja berupa pembinaan dan penyuluhan kepada pelajar mulai tingkat SD sampai SMA,” pesan Kapolsek Ngluwar. (Hd)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *