September 19, 2024

PALU, Untuk menciptakan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 yang aman dan kondusif, Polda Sulteng menggelar Deklarasi Pilkada Damai 2024 di Sriti Convention Hall, Palu, Rabu (18/9/2024)

Hadir dalam Deklarasi Pilkada Damai 2024 antara lain Kapolda Sulteng Irjen Pol. Agus Nugroho, Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Chandra Wijaya, Unsur forkopimda Sulteng, Ketua KPU Sulteng, Ketua Bawaslu Sulteng, Rektor Perguruan Tinggi di Sulteng, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh pemuda dan awak media.

Kapolda Sulteng dalam sambutannya mengatakan esensi pemilihan kepala daerah sejatinya adalah untuk menciptakan sistem pemerintahan yang berdasarkan kehendak rakyat yang menjaga prinsip-prinsip demokrasi, mendorong partisipasi warga negara dan memastikan pemimpin yang terpilih mewakili kepentingan aspiraai masyarakat secara luas.

Hal tersebut kata Kapolda, tentunya dengan terlebih dahulu memastikan bahwa penyelenggaraan Pilkada telah dilaksanakan secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

Kapolda juga mengatakan, sebagai upaya menumbuhkan kesadaran berdemokrasi yang berasaskan nilai-nilai Pancasila dan partisipasi aktif seluruh stakeholder serta elemen masyarakat untuk menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif, maka Polri sebagai aparat pemelihara kamtibmas, penegak hukum, pelindung, pengayom serta pelayan masyarakat berkomitmen untuk mengamankan jalannya Pilkada serentak tahun 2024 secara komprehensif.

Salah satunya dengan menginisiasi kegiatan Deklarasi Pilkada Damai tahun 2024, dalam rangka mewujudkan Pilkada yang berintegritas, aman, damai dan sejuk di seluruh wilayah Provinsi Sulawesi Tengah yang kita cintai, ungkap Kapolda.

Kapolda juga berharap, seluruh elemen yang terlibat dapat bersinergi dan berkontribusi positif sesuai tugas dan fungsi masing-masing.

Kapolda Sulteng itu juga berpesan, agar para tokoh agama, tokoh adat, akademisi, pimpinan organisasi kepemudaan, perwakilan BEM dan jurnalis dapat menyampaikan semangat demokrasi dan membawa pesan Deklarasi Pilkada Damai 2024 untuk menjadi motivasi kita semua menciptakan suasana aman dan kondusif pada setiap tahapan Pilkada 2024, pungkasnya.

Red”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *